Rabu, 26 November 2008

SEJARAH PUSKOPDIT JAWA BARAT

Perjalanan panjang berkiprahnya Gerakan Koperasi Kredit di Indonesia yang pada awalnya lebih dikenal dengan sebutan CUCO
(Credit Union Conseling Office) sangat melatar belakangi perjalanan Gerakan Koperasi Kredit di lingkungan Puskopdit Jawa Barat. Hal tersebut merupakan fakta sejarah bahwa kelahiran gerakan Koperasi Kredit (Credit Union) di Indonesia berawal dari Jawa Barat, karena pada tahun 1970 lembaga CUCO Indonesia pertama kali berkantor di Bandung.
Sejalan dengan telah berdirinya CUCO Indonesia serta mulainya bermunculan Credit Union di daerah, maka pada tahun 1973 di setiap daerah tingkat I (propinsi) juga dibentuk CUCO tingkat daerah termasuk Bandung, yang tugasnya untuk mengkoordinir kegiatan pendidikan credit union dan pendampingan proses pembentukan credit union baru.
Sesuai dengan saran dari dewan penyantun credit union yaitu bapak Ir Ibnoe Soedjono (alm) yang pada saat itu juga menjabat sebagai Dirjen Koperasi, dalam sambutannya pada Konpernas I Gerakan Credit Union Indonesia tahun 1976 di Jawa Tengah menekankan, sebutan credit union diganti menjadi Koperasi Kredit.
Setelah beberapa kali mengalami perubahan nama lembaga penggerak koperasi kredit di wilayah Jawa barat ini, yaitu dari nama BPP-CU (Badan Pengembangan dan Pembinaan Credit Union) pada tahun 1976 menjadi BPD-KK (Badan Pengembangan Daerah Koperasi Kredit), tahun 1977 berubah menjadi PUSKOPDIT Bandung dan sekitarnya sebagai lembaga sekunder tingkat daerah, pada tahun 1984 perubahan juga terjadi karena dampak perubahan di tingkat nasional menjadi BK3 D (Badan Koordinasi Koperasi Kredit Daerah). Dan pada akhirnya pada tanggal 8 April 1993 memperoleh Legalitas Hukum dengan nama PUSAT KOPERASI KREDIT JAWA BARAT (PUSKOPDIT JABAR) hingga saat ini, walau sempat pada tahun 1997 mendapat desakan dari pejabat yang berwenang untuk amandemen menjadi PKSP-CU (Pusat Koperasi Simpan Pinjam Cipta Usaha). Dengan berdirinya INKOPDIT Indonesia (Induk Koperasi Kredit Indonesia) dan lahirnya Inpres No. 18/1998 maka pada tahun 2000 PKSP– CU berubah kembali menjadi PUSAT KOPERASI KREDIT JAWA BARAT (PUSKOPDIT JAWA BARAT).